Mungkin jika mendengar kata "Google Home" masih banyak yang bertanya-tanya mengenai benda tersebut. Ya, Google Home adalah suatu produk voice activated yang memiliki Google assistant sehingga memungkinkan untuk membantu pengguna dalam pengaturan suatu ruangan di rumah anda melalui speaker yang terkoneksi ke Wi-Fi.
Google pernah menggambarkan seperti apa tinggal di suatu rumah pintar pada masa depan. Dan sekarang kita tidak perlu menunggu lagi terlalu lama untuk memiliki rumah pintar tersebut. Google Home akan menjadi seperti asisten kita ketika kita sedang berada di rumah. Cara kerja dari Google Home mungkin akan sama seperti Siri pada perangkat iPhone atau fungsi voice assistant pada perangkat Android.
Apa yang akan berbeda dari smart home speaker buatan Google ini adalah akan memberikan pengaturan kepada perangkat-perangkat smart home di rumah anda lebih baik, dimulai dari produk seri Nest, dan pengintegrasian dengan semua perangkat Google cast-enagled yang terdapat pada rumah anda.
List dari streaming services yang kompatibel dengan Google Home pun bisa dibilang sangat impresif, dari beberapa konten musik seperti Spotify, Pandora dan TuneIn, hingga konten video seperti Netflix dan YouTube. Dan apa yang ingin Google berikan kepada penggunanya adalah, anda dapat meminta bantuan kepada Google Home untuk memainkan atau menyalakan musik, menampilkan acara favorit anda, mengecek jadwal penerbangan anda, mengecek cuaca hari ini bahkan bisa juga untuk mematikan dan menyalakan lampu di rumah anda hanya dengan memberikan perintah suara yang simpel.

Google Home hadir di pasaran dengan harga sekitar $129 atau sekitar Rp 1.7 juta. Penawaran yang diberikan Google bisa dibilang akan menjadi pilihan yang cukup menarik untuk para konsumen, karena pesaingnya yang menawarkan produk serupa yaitu Amazon Echo memiliki harga sekitar $179 atau sekitar Rp 2.3 juta.
Ada juga produk Google Home yang lebih terjangkau yaitu Google Nest Harganya dibawah 1 juta.
Google Nest Mini